Penempatan Router WiFi Agar Sinyal Maksimal

VertigoMango Penggunaan router internet sudah hampir ada disetiap rumah, penyedia akses internet (ISP) atau Internet Service Provider dipastikan sekarang semua memakai Router WiFi, bukan lagi router kabel LAN.  Nah, untuk penempatan router WiFi juga harus tepat, agar sinyal yang dapat dipancarkan maksimal dan device yang menerima sinyal dapat bekerja lebih baik tanpa hambatan. Bagaimana menempatkan router WiFi yang benar? silahkan lanjut membaca.

  • Jangan menempatkan Router Wifi di lantai dan juga ditempat paling tinggi di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan hambatan jarak pada saat posisi terlalu dibawah dan posisi terlalu diatas. Tempatkan router WiFi ditempat yang tidak terlalu rendah dan tinggi, misalnya di meja atau di rak pajang bagian tengah.

Router Wifi Di Lantai

  • Jangan menempatkan router wifi didekat air, misal: dekat dengan aquarium atau dekat dengan penyimpanan air minum, atau dekat dengan jalur pipa air. Hal ini dikarenakan air merupakan salah satu penghambat kuat sinyal WiFi. Hal ini juga bisa terjadi jika ruangan terdapat banyak orang, karena tubuh manusia mempunyai komposisi kandungan air sebesar 60%. Maka dari itu, sinyal router Wifi dapat dipastikan melemah jika didalam ruangan terdapat banyak orang. Untuk mensiasatinya bisa digunakan penambahan alat penguat sinyal.

Router Wifi Ruangan Penuh Orang

  • Jangan merubah posisi antena router wifi selain posisi vertikal. Sama halnya seperti antena TV, jika kita rubah sedikit saja maka sinyal yang diterima akan berubah jelek. Posisi vertikal tegak lurus antena router wifi secara logis menjangkau lebih jauh.

Jika, ketiga hal tersebut diatas tidak bisa anda hindari, maka cara terbaik adalah menggunakan penambahan alat penguat sinyal. Alat ini salah satunya bisa berupa antena router baru dengan spesifikasi lebih kuat. Sedangkan yang banyak beredar di pasaran adalah penguat sinyal Wifi Repeater.

Wifi Repeater

Penggunaan WiFi Repeater ini menggunakan stop kontak, plug-in di stop kontak yang masih terjangkau sinyal WiFi induk, nyalakan repeater, dan sinyal WiFi dari router induk bisa diteruskan kembali lebih jauh dengan repeater tersebut.

Penguat sinyal router wifi juga terbagi menjadi dua, jadi jika kamu ingin membeli alat tersebut pastikan sesuai dengan spesifikasi router yang kalian punya. Dua tipe penguat sinyal tersebut adalah Frekuensi 2.4 GHz dan Frekuensi 5 GHz. Kamu bisa melihat dan menemukan spesifikasi tersebut di box atau dibagian belakang/bawah router.

Sekian, tips dan informasi mengenai sinyal Router WiFi. Jika ada yang bisa kamu tambahkan atau lainnya silahkan komen dikolom komentar. Salam, VertigoMango!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *