3 Cara Mengubah TV Bodoh Anda Menjadi TV Pintar (Smart TV)

Cara Membuat TV bodoh menjadi TV pintar

3 Cara Gak Penting! Mengubah TV Bodoh Menjadi TV Pintar (Smart TV).

VertigoMango – Kecuali Anda seorang pendukung setia program dan layanan TV kabel dan direct-to-home reguler, Anda pasti sudah memperhatikan bahwa banyak konten baru bergantung pada Internet. Meskipun Anda memiliki akses ke beragam pemrograman melalui set-top box reguler Anda, Anda kehilangan kesempatan jika Anda tidak ikut revolusi streaming. Banyak acara TV dan film terbaik sekarang ditemukan secara online, dan seringkali tersedia secara eksklusif melalui layanan streaming seperti Netflix, Hotstar, dan Amazon Prime Video.

Bahkan jika Anda dijual dengan konsep itu, masalahnya sekarang muncul dengan layar Anda. Tentu, ponsel cerdas Anda mendukung layanan streaming populer, dan pengurangan biaya data seluler berarti harganya juga terjangkau. Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin menonton konten video Anda di layar kecil? Bagaimana jika Anda bisa menggunakan TV Anda?

Anda memang bisa, berkat TV pintar. Ini terhubung ke Internet untuk memberi Anda akses ke layanan streaming melalui aplikasi, seperti halnya smartphone, tablet, atau komputer. Tetapi tidak semua orang memiliki – atau mampu – TV pintar. Bagaimana Anda mendapatkan akses ke layanan ini di layar lebar Anda? Panduan kami akan membantu Anda dengan hal itu.

Cara terbaik – Streaming Stick atau Dongle

Cara termudah dan paling efektif untuk menambahkan kecerdasan ke TV bodoh Anda adalah Streaming Stick atau Dongle yang bagus. Ada banyak opsi dalam kategori ini, semuanya menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang memungkinkan Anda terhubung ke layanan online.

Mendaftarkan persyaratan spesifik Anda akan membantu Anda memilih streaming stick atau dongle terbaik untuk Anda. Untuk ini, Anda harus mencari konten seperti apa yang Anda inginkan, yang akan membantu Anda memilih perangkat terbaik untuk Anda. Misalnya, jika Anda menonton banyak konten di Amazon Prime Video atau Netflix, kisaran Amazon Fire TV Stick mungkin ideal untuk Anda. Di sisi lain, jika Anda memiliki banyak perangkat Apple, Anda mungkin lebih memilih rentang Apple TV karena kemampuannya yang mulus untuk berinteraksi dengan komputer iPhone atau Mac Anda. Demikian pula, jika Anda memiliki ponsel Android untuk digunakan sebagai pengontrol, Anda dapat menggunakan Chromecast.

Beberapa perangkat kelas atas ini mungkin dapat menarik daya dari salah satu port USB di TV Anda sendiri, sementara yang lain mungkin perlu mengandalkan adaptor dinding untuk mendapatkan daya yang cukup. Karena itu Anda harus memastikan Anda memiliki port USB gratis atau stop kontak untuk adaptor.

Jika yang Anda butuhkan adalah perangkat untuk membuat konten atau mencerminkan layar ponsel cerdas Android Anda, Anda berpotensi melakukan salah satu dari sejumlah ‘klon Chromecast yang tersedia baik online maupun offline. Plug ini ke port HDMI di TV Anda dan menambahkan dukungan Miracast, membiarkan Anda secara langsung mencerminkan layar pada smartphone Android Anda atau melemparkan layar dari sejumlah aplikasi, termasuk Netflix dan VLC Media Player.

Beberapa perangkat ini dapat dibeli dengan harga di bawah Rs. 1.000, mengubah ponsel cerdas atau komputer Anda menjadi pengontrol dan penyedia konektivitas internet ke TV Anda. Dan jika Anda dapat membeli perangkat dari luar negeri, Anda memiliki berbagai opsi seperti Roku Streaming Stick + dan Xiaomi Mi TV Box untuk dipilih.

Cara paling terjangkau – Kabel yang bagus

Cara yang paling terjangkau untuk menambahkan kecerdasan ke TV bodoh Anda adalah salah satu yang tidak banyak orang pikirkan langsung, tetapi tampaknya agak jelas di belakang. Namun, itu bukan cara termudah atau terbebas dari kekacauan untuk melakukan sesuatu. Dengan biaya yang sangat rendah – atau gratis, jika Anda sudah memiliki kabel yang diperlukan di rumah – Anda dapat menambahkan kecerdasan dasar ke TV Anda. Cara termudah adalah dengan menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan laptop Anda ke TV Anda, dan mirror atau memperluas layar laptop ke TV dengan cara ini.

Kelebihan metode ini adalah harganya sangat terjangkau, dan memberi Anda kekuatan penuh dari komputer Anda di layar besar. Jika laptop Anda memiliki port HDMI-out, yang Anda butuhkan hanyalah kabel HDMI standar; opsi yang layak harganya hanya Rs. 300. Jika Anda menggunakan laptop yang tidak memiliki port HDMI – MacBook Air, misalnya – maka Anda mungkin harus menghabiskan sedikit lebih banyak pada kabel atau adaptor yang tepat. Kemudahan penggunaan adalah keunggulan utama lainnya; Anda hanya perlu mencolokkan kabel dan beralih ke sumber yang tepat di TV Anda untuk mencerminkan layar Anda.

Dengan ini, TV Anda terhubung secara efektif ke Internet (melalui laptop Anda, tentu saja). Anda sekarang dapat menggunakan laptop Anda sebagai pengontrol dan mengambil konten apa pun yang Anda inginkan, yang dapat diunduh, melalui aplikasi tertentu atau bahkan browser Internet. Teknik yang sama dapat bekerja dengan banyak ponsel cerdas juga, dengan anggapan bahwa Anda memiliki kabel yang tepat dan perangkat itu sendiri memungkinkan tampilannya dicerminkan melalui HDMI.

Kabel dan adaptor juga tersedia untuk menghubungkan USB Type-C / Thunderbolt atau perangkat yang kompatibel dengan Lightning ke TV melalui port HDMI, yang menawarkan kemampuan untuk menghubungkan smartphone dan laptop yang kompatibel ke TV. Kabel yang Anda gunakan sepenuhnya tergantung pada perangkat yang ingin Anda gunakan sebagai sumber, karena Anda harus memastikannya mematuhi port yang Anda miliki dan kompatibilitas fitur.

Kerugian terbesar dari metode ini adalah kabel itu sendiri; itu bisa berantakan, tidak nyaman dan terlihat berantakan. Di zaman di mana teknologi semakin menemukan cara untuk menghilangkan kabel, menggunakan kabel panjang akan dianggap sebagai metode yang agak berteknologi rendah dalam melakukan sesuatu. Dan tentu saja, memasang layar laptop atau smartphone Anda di TV dapat merepotkan dengan cara yang berbeda – semua orang yang menonton TV Anda akan dapat melihat notifikasi dan percakapan pribadi Anda. Belum lagi Anda tidak akan dapat mengendalikan laptop Anda saat duduk di sofa kecuali jika Anda memasukkan kabel yang sangat panjang atau aksesori tambahan ke dalam campuran.

Cara paling banyak fitur – konsol game

Berikut adalah metode lain yang mungkin juga terlihat jelas di belakang: gunakan konsol game modern. Jika Anda memiliki Sony Playstation 4 atau Microsoft Xbox One (atau variannya yang berbeda), Anda dapat menggunakannya sebagai perangkat streaming cerdas. Konsol ini terhubung ke internet dan memiliki aplikasi yang tersedia untuk banyak layanan streaming. Ini termasuk Netflix, Amazon Prime Video, Spotify, YouTube, Plex, dan Twitch, untuk beberapa nama.

Tentu saja, keuntungan terbesar menggunakan konsol game adalah gaming, yang membuatnya menjadi perangkat yang jauh lebih banyak fitur. Jika Anda sudah memilikinya, kami sarankan Anda menginstal aplikasi yang tepat dan menjadikan TV Anda pintar, daripada melihat metode lain untuk melakukannya. Jika Anda memulai dari awal, konsol game adalah cara yang agak mahal untuk menambahkan fitur pintar ke TV Anda. Jika Anda bukan seorang gamer sama sekali, mungkin lebih baik bagi Anda untuk memiliki perangkat streaming atau menggunakan kabel, seperti yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *